Perolehan Suara Pemilukada Sulteng 2011

Pofil Drs. Longki Djanggola, M.Si :

SAYA lahir dari ayah H. Daeng Lando Yoto Djanggola dari Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Ibu Hj. Aminah Sasung Manopo yang asli Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongodow, Sulawesi Utara, Saya anak ke enam dari delapan bersaudara. Saya lahir 11 November tahun 1952 dengan banyak pembelajaran budaya dari orang tua, lingkungan sekolah dan lingkungan kerja saya.

Saya sekolah di SDN III Palu, lalu ke SMP II Palu. Lalu saya melanjutkan pendidikan di Sekolah Asisten Apoteker (SAA) Negeri Ujung Pandang. Pada 1971 setelah lulus, saya kembali ke daerah ini. Saya memilih mengabdi menjadi Pegawai Negeri Sipil. Saya memulai pengabdian saya kepada daerah ini dari PNS Golongan II. Sampai kemudian saya bisa sekolah lagi di Jurusan Farmasi dan Apoteker, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia, Jakarta. Kemudian mengikuti lagi pendidikannya Magister ( S2) Jurusan Administrasi Publik, Fisip, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Apa yang hendak saya ingin ceritakan ini adalah soal tekad, cita-cita, kemauan untuk membangun diri. Namun masalahnya adalah kemiskinan belum semuanya kita bisa entaskan. Banyak anak-anak tidak dapat merasakan bangku perguruan tinggi, karena keluarga mereka miskin. Padahal, seperti yang sama-sama kita ketahui adalah pendidikan itu sangat penting. Orang yang berpendidikan dapat menggerakan orang-orang di sekitarnya untuk berupaya meningkatkan taraf hidup.

Saya memulai pekerjaan saya yang bersentuhan langsung dengan orang banyak sejak saya menjadi Kepala Perwakilan Sulteng 1983 – 1988, Kabag Tata Usaha Dinkes Tk. I Sulteng 1988 – 1998, Karo Biro Humas Prop. Sulteng 1998 – 2001, Kepala Badan PMD Prop. Sulteng 2001 – 2002, Pjb. Bupati Kab. Parigi Moutong 2002 – 2003, Bupati Kab. Parigi Moutong 2003 – 2008 hingga menjadi Bupati Kab. Parigi Moutong 2008 – sekarang

Karena pengalaman masa kecil, hingga saya menjadi pengabdi dan pelayan masyarakat di daerah ini, mengajarkan saya banyak hal, saya memilih jalan ini: Mengabdi untuk rakyat. Dan saya yakin, jika kita tulus hati, rakyat akan maju bersama-sama kita.

Baca Selengkapnya

Ditulis dalam BERANDA. Komentar Dinonaktifkan pada Perolehan Suara Pemilukada Sulteng 2011