Fenomena Penampakan Jin/Hantu

SegalaPuji bagi Allah Rabubul’aalamiin,yang telah menciptakan dan telah membaguskan ciptaan-Nya,yang menetapkan ukuran untuk segala sesuatu dan yang memberi petunjuk,yang telah menciptakan langit dan bumi serta apa yang ada diantara keduanya.Dialah yang menciptakan Jin,Manusia,malaikat,hewan,pepohonan,daratan,lautan dan segala makhluk hidup,wa ba’d.

Agar kita dapat berpikir dengan sesuatu pemikiran yang lempang,tidak menyimpang dan tidak tersesat,maka pertama-tama kita harus merujuk kesumber syariat dan undang-undang kita,yaitu Al-Qur’an Al-Azhim.Kita harus mengkaji berbagai masalah itu menurut batasan ayat-ayatNya,kita harus meletakkan tangan kita  diatas hakikat-hakikat yang tidak menerima kontradiksi.

Setelah itu kita harus mencari sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam dan penafsiran yang beliau samaikan kepada kita tentang penampakan ini,yaitu berupa sabda beliau yang shahih.Setelah itu kita harus mengambil perkataan dari para sahabat dan orang-orang salaf yang shalih.

Setelah itu kita harus berdiri pada beberapa hakikat yang kongkrit,yaitu;
1. Tidak tempat untuk mendustakan keberadaan Jin,sebab Allah telah berfirman,

” Dan tidaklah Aku ciptakan seluruh jin dan seluruh manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu.” (QS.Adz-Dzariyat:56).

2. Jin diciptakan sebelum penciptaan manusiasebagai mana firmanNya;

” Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelumnya (sebelum menciptakan manusia) dari api yang sangat panas”.(QS. Al-Hijr: 26-27).

3. Jin menikah dengan sesamanya dan beranak-pinak,sebagai firman Allah,

” Tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.” (Ar-Rahman: 56)

Zhahir makna ayat ini,bahwa jin tidak pernah menyentuh para bidadari penghuni surga.

4. Jin dapat meninggal seperti manusia,sebagaimana firman Allah,

” Semua yang ada dibumi itu akan binasa.” (QS.Ar-Rahman:26).

5. Jin Biasa menetap direruntuhan,kuburan,tempat-tempat sampah,tempat najis dan kotor,karena memang itulah tempat tinggal mereka yang paling prioritas.

6. Jin tidak berada ditempat-tempat yang didalamnya biasa disebut nama Allah dan dibacakan Al-Qur’an.Karena itu Rasullullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memerintahkan kita membaca Basmalah dalam segala perbuatan,yang gunanya untuk mengusir Setan.

7. Jin memiliki kemampuan untuk membentuk dirinya dalam berbagai bentuk.Sewaktu perang badar,syetan menampakan dirinya dalam bentuk Suraqah bin Malik ditengah-tengah orang-orang musyrik,dan  dia memjanjikan kemenangan kepada mereka.Firman Allah,

Baca Selengkapnya >>>>

Ditulis dalam BERANDA. Komentar Dinonaktifkan pada Fenomena Penampakan Jin/Hantu