Deklarasi Malino Untuk Poso Keadilan Bukan untuk Islam Poso

Sepuluh tahun lebih Deklarasi Malino sudah Dijalani tapi penuh dengan ketidak pastian dan ketidak Adilan bagi umat muslim di Poso.Hasil dari deklarasi malino tersebut sangat merugikan umat Islam,yang diselesaikan adalah urusan terorist dan korupsi.Yang dituduh terorist adalah umat Islam.Indikasinya para pejuang muslim ditangkap dengan tuduhan terorisme dan pelaku kerusuhan Poso.

Terjadi ketidak Adilan hukum di Poso dalam penanganan ” Tragedi Kemanusiaan ” berupa ” konflik Agama/Konflik Horisontal “yang pernah terjadi di Poso kurun waktu 1998 sampai dengan 2001 ( Deklarasi malino 20 Desember 2001) dan pasca deklarasi malino sampai sekarang yang menjadi sasaran penangkapan dan penganiayaan adalah Umat Islam Poso yang Minoritas.Mengapa bukan para pembantai ummat Islam yang ditangkap dan diproses secara hukum sebagai mana butir 2 Deklarasi Malino? Malah pembantai itu bebas berkeliaran,bahkan ada yang menjadi pejabat.Bahkan ke-16 nama yang disebutkan terpidana mati Tibo CS sampai sekarang tidak diproses tuntas.
perlu dipahami,ada 3 ( tiga) hal yang terbengkalai padahal ini sangat subtansial yang diamanatkan Deklama (Deklarasi Malino) yang belum maksimal dilaksanakan yaitu:

1. Penegakan supermasi Hukum ( Amanat Deklama Poin 2 )

2. pendataan dan pengembalian hak-hak keperdataan masyarakat Poso dari dua komunitas ( Amanat Deklama poin 7)

3. Pengembalian pengungsi ketempat asalnya ( Amanat Deklama poin 8 )

Baca Selengkapnya >>>

Ditulis dalam BERANDA. Komentar Dinonaktifkan pada Deklarasi Malino Untuk Poso Keadilan Bukan untuk Islam Poso